Tuesday, December 22, 2015

Deskripsi Hardware

HARDWARE

Adalah  Perangkat  keras,  suatu  alat  yang  bisa  dilihat  dan  diraba  oleh  manusia  secara langsung,  yang  mendukung  proses  komputerisasi.  Penjabarannya  adalah  perangkat  keras, merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.
Dalam bahasa Indonesia disebut dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat  dan  dapat  kita  sentuh  secara  fisik,  seperti  perangkat  perangkat  masukan,  perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Peralatan  ini  umumnya  cukup  canggih.  Dia  dapat  bekerja  berdasarkan  perintah  yang  ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin  tersebut,  maka  perintah  tersebut  melakukan  berbagai  aktifitas  kepada  mesin  yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatka olehnya.
Agar  proses  pembelajaran  mengenai  komputer  lebih  terarah  adapun  pengelompokan  harware agar lebih mudah sesuai dengan fungsinya pada komputer. Berikut ini pengelompokan perangkatkeras komputer agar lebih mudah dipahami:
1.Input Device                        : Perangkat input / masukan
2.Process Device         : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
3.Output Device         : Perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
4.Storage Device         : Perangkat untuk menyimpan
Berikut  ini  adalah  penjelasan  lebih  lengkap  masing-masing  pengelompokan  tersebut:
1.      INPUT DEVICE
Input  device merupakan  perangkat  komputer  yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
·         Keyboard
Berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer.
·         Mouse
Berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik.
·         Touchpad
Touchpad  berfungsi  layaknya  mouse,  touchpad  ini  biasanya  sebagai  pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
Masih banyak lagi perangkat lainya seperti joystik, scanner, voice recognizer, dan lain-lain.


2.      PROCESS DEVICE
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
·         CPU / Processor
Merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
·         Memori / RAM (random access Memory)
Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
·         Motherboard
Merupakan  perangkat  yang  menghubungkan  perangkat  keras  komputer  antara satu dan yang lain.
·         VGA  Card  (Video  Graphic  Array)
Biasa  juga  disebut  kartu  grafis  yang  berfugsi  untuk memberikan  tampilan  berkualitas  pada  layar  komputer.  Biasanya  setiap  mainbord  sudah memiliki VGA bawaan,  namun untuk kualitas beresolusi tinggi  yang jernih VGA Card sangat diperlukan.
·         PROCESSOR
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi anda.

3.      OUTPUT DEVICE
Output  device  merupakan  perangkat  komputer  yang  memberikan  output/keluaran,  baik berupa  tampilan  visual,  suara,  maupun  tampilan  cetak,  dan  lain  sebagainya.  Adapun  yang termasuk output device adalah:

·         Monitor/  Lcd  Monitor
Berfungsi  untuk  menampilkan  proses  komputer  dalam  bentuk  visual/ gambar.
·         Speaker
Uefungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer.
·         Printer
Untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya.


4.      STORAGE DEVICE
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
·         Hardisk
Perangkat  penyimpanan  utama  pada  komputer,  biasanya  tampil  di  komputer  dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
·         Floppy  Disk
Biasa  dikenal  dengan  sebutan  disket,  merupakan  penyimpanan  luar  pertama, sangat  populer  semasa  sitem  DOS,  lotus123,  sistem  komputer  jaman  dulu.  Sekarang  sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
·         CD/DVD
Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
·         Flashdisk

Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.

No comments:

Post a Comment